Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
Nutrisi Ibu Hamil

Untuk Isa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan Ibu pada masa kehamilan dengan konsumsi makanan sehat. Dan berikut ini adalah vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil berikut diantaranya:

Konsumsi yang Mengandung Kalsium

Kalsium juga penting untuk ibu hamil, karena janin yang ada di dalam kandungan Ibu juga memerlukan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Tidak hanya itu, kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan jantung, otot dan juga saraf yang sehat.

Apabila Ibu tidak mengonsumsi cukup kalsium pada masa kehamilan, maka janin yang ada di dalam kandungan akan mengambilnya dari cadangan kalsium yakni pada tulang Ibu. Maka hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan nantinya.

Untuk sumber kalsium bisa di dapat dari:  kacang almond, roti, susu olahan, sayuran dengan warna daun hijau gelap, tofu, dan sereal.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel di dalam tubuh. Karena Vitamin ini dibutuhkan Ibu dan si Kecil untuk proses pembentukan kolagen, yang merupakan komponen protein yang ada pada tulang, otot dan juga kulit. Vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Untuk sumber vitamin C bisa dari: kiwi, mangga, tomat, apel, jeruk, stroberi, brokoli,  dan asparagus.

Mengonsumsi Zat Besi

Ibu hamil juga memerlukan asupan zat besi. Karena Zat besi juga penting dalam pembentukan hemoglobin yaini pada protein di dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke sel yang ada di dalam tubuh. Untuk kebutuhan zat besi yang terpenuhi dengan baik juga akan membuat tubuh Ibu dan juga janin memiliki imunitas yang bagus.

Untuk sumber zat besi bisa berasal dari: Daging merah dan juga bayam.

Mengonsumsi Vitamin B6

Vitamin B6 juga dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil sangat banyak, vitamin B6 dengan dosis yang tepat juga akan membantu mengurangi rasa mual di pagi hari. Untuk dosis vitamin B6 yang disarankan untuk ibu hamil, yakni tidak lebih dari 50 miligram atau mg per hari.

Sumber vitamin B6 bisa dari: tomat, wortel, Daging ayam, daging sapi, pisang, dan biji kacang kedelai.

Related posts