Cuka Apel BraggSalah satu herbal yang serbaguna dan kandungannya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan kita. Cuka apel sudah sangat dikenal sejak zaman dahulu, pada zaman yunani kuno cuka apel ini sering dimanfaatkan untuk bahan pengobatan. Banyak sekali manfaat dari cuka apel bagi kesehatan kita. Mari kita simak ulasan mengenai manfaat cuka apel bagi kesehatan.

Lebih Mengenal Cuka Apel

Cuka Apel Bragg adalah minuman yang terbuat dari apel yang dilumatkan untuk bisa diperas cairannya. Cairan yang sudah didapatkan dari apel tersebut selanjutnya akan dimasukan sebuah bakteri dan ragi bertujuan untuk proses fermentasi alkohol. Selain ragi biasanya ditambahkan juga gula pada cairan apel tersebut sebelum proses fermentasi berlangsung. Pada proses fermentasi ini, alkohol akan diubah menjadi sebuah cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat.

Cuka yang dihasilkan dari proses fermentasi tersebut akan menyisakan zat-zat lain, seperti asam asetat, asam gallic, katekin dan lain sebagainya. Ini sangat menunjukkan bahwa cuka apel memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan, seperti sebagai antioksidan dan antibakteri. Untuk saat ini masyarakat sudah mulai memanfaatkan lagi cuka apel untuk dikonsumsi dan juga untuk menjaga kesehatan. Bahkan untuk sekarang ini cuka apel bisa membantu untuk pengobatan penyakit.

Manfaat Yang Dimiliki Oleh Cuka Apel

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Pada sebuah penelitian cuka apel, peserta diminta untuk mengonsumsi cuka apel sebanyak dua sendok sebelum makan. Penelitian tersebut berlangsung selama empat minggu, hasilnya para peserta mengalami penurunan berat badan sekitar 1 – 2 kg. Jadi untuk kamu yang lagi diet sehat maka dianjurkan untuk mengonsumsi cuka apel.

Akan tetapi menurut para ahli menurunkan berat badan sebaiknya kita selalu menjaga pola makan yang baik dan selalu diiringi dengan berolahraga.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Cuka apel yang dikonsumsi sebelum makan sangat bermanfaat untuk proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Jadi sudah dipastikan cuka apel ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, karena bisa mengatur kadar gula darah kita. Cuka apel juga bisa berguna untuk anda yang mengalami sugar rush. Keadaan ini di mana kadar gula darah tiba-tiba mengalami lonjakan yang signifikan biasanya setelah anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

  1. Mengatasi Maag, Asam Lambung, Sembelit dan Gangguan Pencernaan Lain

Bila anda sering mengalami Maag, Asam Lambung, Sembelit dan Gangguan Pencernaan Lain sebaiknya anda coba mengonsumsi cuka apel. Tetapi sebaiknya cuka apel yang anda konsumsi adalah cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Warna cuka apel ini biasanya berwarna coklat keruh bila anda diamkan maka di dasar botol terdapat ampas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sering mengonsumsi cuka apel sudah dipastikan anda bisa menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Bila anda dapat menurunkan kadar lipid maka anda bisa membantu mencegah penyakit jantung, salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Akan tetapi bagaimanapun juga cuka apel bukanlah obat impotensi yang utama. Untuk siapa pun yang hendak ingin menggunakan cuka apel sebagai pengobatan yang alami tetap harus berhati-hati. Sebaiknya anda selalu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Menurut para ahli cara pengobatan impotensi yang baik adalah dengan cara menjaga pola makan dan olahraga yang teratur.