Manfaat Bersepeda di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Manfaat Bersepeda di Masa Pandemi

Pada sekitar Maret 2020, Indonesia terpapar virus corona, dan membuat segala aktivitas sejenak melambat dan terbatas. Mulai dari Work From Home, sekolah online sampai karantina diri sangat dianjurkan ketika masa pandemi ini. Ternyata hal tersebut mempunyai dampak yang cukup buruk bagi kita, apabila kita malas untuk berolahraga. Olahraga pada masa pandemi bisa dibilang sangat terbatas, karena dengan alasan tidak bisa ke tempat pusat kebugaran, seperti gym atau GOR. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan secara mandiri, salah satunya adalah Bersepeda. Bersepeda bisa dilakukan dengan cara berkeliling kompleks rumah atau daerah rumah dengan menggunakan masker, sehingga aman dari paparan Virus Corona. Dan juga ketika kita sudah selesai bersepeda, kita harus mencuci tangan sebelum memasuki rumah. Bersepeda juga sangat efisien dan menghemat waktu, karena tidak mengenal waktu dan tidak memerlukan suatu keahlian khusus dalam menguasainya. Bersepeda juga sangat digandrungi pada saat ini, karena wabah corona semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berolahraga guna meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam hal ini, olahraga bersepeda menjadi pilihan menarik sebab bermanfaat bagi kesehatan serta dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus corona. animo untuk bersepeda juga dipicu semakin banyaknya konten berisi aktivitas bersepeda yang dibagikan oleh komunitas dan pegiat hobi bersepeda di sosial media. Konsumsi informasi terhadap konten-konten tersebut juga semakin meningkat seiring berkurangnya aktivitas bekerja di luar rumah di tengah pandemi. Tren ini didukung oleh kegiatan distribusi sepeda yang tidak terganggu. Di samping itu, kegiatan penjualan di tingkat pedagang toko juga masih berjalan di tengah penerapan PSBB meski dengan operasional yang terbatas, ditunjang dengan penjualan digital yang dilakukan oleh sebagian pedagang toko. Bersepeda memang mengasyikkan. Selain sebagai alat untuk rekreasi, bersepeda membuat tubuh bergerak aktif [1]

Ternyata manfaat bersepeda dimasa pandemi COVID-19 ini, sangatlah banyak. Seperti:

  1. Mengurangi Stress

Dalam masa pandemi COVID-19 ini, kita dituntut untuk tetap karantina diri dirumah dan melakukan physical distancing. Hal ini membuat kita terkurung didalam rumah selama beberapa waktu. Apabila kita stress akan berakibat pada sistem imunitas kita yang menurun, dan rentan akan terserang berbagai penyakit, termasuk COVID-19 ini. Salah satu saran penghilang stress adalah dengan bersepeda. Bersepeda dinilai aman karena merupakan olahraga mandiri dan minim kontak dengan orang lain. [2]

  1. Menurunkan Berat Badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, karena meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Bersepeda juga membangun otot dan membakar lemak tubuh. Namun, perlu diingat bersepeda juga harus dikombinasikan dengan pola makan sehat dan minum air putih secara cukup. Mengapa berat badan perlu kita kontrol? karena dengan berlebihan berat badan, bisa memicu berbagai macam penyakit kardiovaskular dan penyumbatan darah. Serta bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi COVID-19.

  1. Menjaga Imunitas Tubuh

Pada masa pandemi ini, Imunitas tubuh sangatlah penting kita jaga, karena COVID-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh. Apabila imunitas tubuh kita melemah, maka kita akan rentan terkena COVID-19 dan penyakit lainnya. Maka dari itu bersepeda sangat cocok untuk kita tetap berolahraga dan tetap aman dari paparan virus corona.

  1. Merawat Sendi

Sendi-sendi pada lengan dan tungkai juga ikut aktif. Siku, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Pergerakan yang baik pada persendian akan membuatnya semakin fleksibel. Hal ini membantu kita ketika pada masa transisi, dimana dari kita hanya bekerja dari rumah dan minim pergerakan, menjadi aktif. Karena kita akan melakukan perjalanan dari rumah ke kantor, atau bahkan kita mulai bisa berolahraga di GYM atau GOR. Jadi kita melatih sendi kita agar terbiasa dengan pergerakan aktif.

Bersepeda, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin memiliki dampak yang terlihat bagi kesehatan tubuh kita dimasa pandemi ini. Dalam masa pandemi ini, selain berolahraga pola makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup, akan membantu tubuh kita tetap sehat dan bugar. Dalam pemilihan air putih yang akan kita konsumsi haruslah berkualitas, karena tujuan minum selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, juga ingin sehat dan mendapatkan hasil dari mineral yang terkandung di air yang kita minum. Hanya AQUA yang sumber airnya berasal dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia, membentang dari Sabang hingga Merauke. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

  1. https://lifestyle.bisnis.com/read/20200803/106/1274284/ini-9-manfaat-bersepeda-saat-pandemi-corona
  2. https://health.grid.id/read/352210684/bersepeda-meningkat-di-masa-pandemi-covid-19-ternyata-ini-manfaatnya?page=all
  3. https://www.sehataqua.co.id/mengawali-hari-dengan-kemurnian-aqua/

Related posts