Layanan Paliatif Onkologi di Rumah Ini Penting untuk Pasien Penyakit Berat Stadium Akhir

  • Whatsapp
Layanan Paliatif Onkologi di Rumah

Penyakit kanker yang sudah masuk stadium lanjut memang sangat sulit untuk disembuhkan. Hal inilah yang kerap kali membuat pasien menjadi putus asa untuk menjalankan tindak pengobatan. Enggan untuk kontrol dan juga mengonsumsi obatnya, sehingga akan memperparah kondisi penyakit tersebut. Mengingat mereka merasa sudah tidak memiliki harapan untuk melanjutkan hidup. Itulah mengapa penting bagi mereka untuk mendapatkan pengobatan paliatif. Diantaranya bisa dengan layanan paliatif onkologi di rumah.

Mungkin banyak diantara Anda yang masih asing dengan pengobatan paliatif bukan, ini adalah pengobatan yang fokusnya tidak lagi digunakan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Melainkan lebih kepada memberikan dukungan dan juga motivasi bagi pasien yang sedang sakit. Umumnya jenis pengobatan yang satu ini lebih ditujukan kepada pasien yang sudah masuk stadium akhir, artinya secara medis sudah tidak memungkinkan lagi bagi mereka untuk bisa sembuh dari penyakit yang dimaksud tersebut.

Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, mencegah mereka agar tidak sampai mengalami depresi atau stres akibat penyakit yang diderita. Tetap ada usaha agar mau melanjutkan pengobatan dan pastinya juga dapat hidup bahagia hingga nantinya mau menjemput. Perawatan paliatif ini sendiri ragam jenisnya sangatlah banyak, diantaranya adalah:

  1. Terapi seni, jenis yang cukup populer dan memang banyak dipilih oleh pasien kanker adalah terapi seni. Nantinya pasien akan diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi diri mereka, menemukan minat dan juga bakat di bidang seni. Sehingga bisa menciptakan ketenangan pikiran juga membantu untuk redakan rasa sakit yang diderita.
  2. Terapi musik, penyakit kanker memang kerap kali memunculkan rasa sedih, malu, takut dan sejenisnya. dengan adanya terapi musik ini ternyata membantu untuk menanggulangi kondisi tersebut. Pasien akan sangat terbantu dengan musik yang didengarkan, karena dapat mempengaruhi kondisi spiritual dan juga emosi mereka semakin baik. Biasanya pasien akan mendengarkan musik klasik atau diajak untuk menyanyi bersama.
  3. Terapi hewan, terapi hewan ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang diderita oleh pasien penderita kanker, apalagi untuk mereka yang pada dasarnya memang menyukai hewan. Dengan banyak berinteraksi maka akan membuat mereka menjadi jauh lebih bahagia.

Pada dasarnya perawatan paliatif onkologi ini memiliki beberapa prosedur, seperti diantaranya adalah;

  1. Dapat mengatasi gangguan fisik, mulai diantaranya adalah nyeri sampai dengan susah tidur, nafsu makan yang buruk sampai dengan sakit yang terjadi di beberapa bagian tubuh. Umumnya dokter akan berkonsultasi dengan tenaga medis lainnya untuk mengatasi hal ini, seperti diantaranya adalah ahli gizi.
  2. Dapat mengatasi gangguan emosi dan juga sosial, karena penderita kanker akan merasakan beberapa kondisi seperti diantaranya adalah rasa takut, sedih, emosi sampai dengan yang lebih parah adalah depresi. Diskusi atau konseling yang dilakukan dengan tenaga medis akan sangat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut.
  3. Meringankan masalah spiritual, karena terapi paliatif ini akan membantu pasien kanker tersebut untuk menemukan kedamaian dalam diri mereka, biasanya akan melibatkan tokoh agama tertentu yang sudah dipercayainya.

Layanan paliatif onkologi di rumah ini sekarang ada banyak rumah sakit yang menawarkan. Sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk anggota keluarga yang tengah berputus asa terhadap penyakit kanker yang mereka derita. Apalagi jika seandainya kondisinya sudah cukup parah dan tidak mungkin dilakukan pengobatan medis.

Related posts