Dalam bisnis, kompetisi itu merupakan hal yang biasa. Sebagai pemilik usaha, kamu perlu tahu bagaimana cara menghitung market share. Secara sederhana, istilah inilah yang perlu kamu tahu agar bisa mengetahui seberapa kompetitif perusahaanmu di industri yang sudah dipilih. Dibawah ini saya akan membehas cara menghitung market share.
Dengan mengetahui kompetisi tersebut, kamu juga bisa membuat kesimpulan bagaimana demand masyarakat dan juga seberapa besar peningkatan demand dari waktu ke waktu. Di sisi lain, market share ini juga bisa dijadikan patokan untuk mengetahui apakah perusahaan yang kamu miliki tingkat kompetisi berapa. Mungkin kamu tahu berapa banyak orang yang membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan. Namun, berapa persentase yang berhasil menjadi customermu?
Siapa saja yang ingin tahu seberapa jauh perusahaannya sudah bergerak, maka mereka wajib mengetahui cara menghitung market share. Ini juga bisa dipakai untuk menentukan gol perusahaan dari tahun ke tahun. Jangan sampai justru kelihatannya perusahaan mendapatkan konsumen dan profit tapi ternyata market share-nya rendah atau bahkan lebih rendah dari perusahaan kompetitor yang relatif baru.
Apa Itu Market Share?
Sebelum menghitung berapa market share perusahaanmu, satu hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, yaitu apa itu market share.
Dalam dunia ekonomi, market share juga disebut dengan pangsa pasar. Ini merujuk pada persentase penjualan dari perusahaan dilihat dari total market yang ada. Jadi, ini merupakan nilai yang merujuk pada pencapaian penjualan dibandingkan dengan total target market.
Para pebisnis yang sudah sangat berpengalaman dan profesional tidak akan begitu saja menentukan ide bisnis. Biasanya, mereka akan melakukan riset siapa target market mereka lengkap dengan berapa volume-nya. Misalnya saja ternyata ada volume target market yang mencapai 2 juta orang.
Cara Menghitung Market Share
Berikut ini adalah cara menghitung market share yang bisa Anda gunakan untuk menentukan pangsa pasar suatu perusahaan:
- Tentukan periode. Artinya, perusahaan perlu menentukan waktu secara rutin untuk memeriksa pangsa pasar. Misalnya tahunan, triwulan, atau empat bulan sekali.
- Kemudian hitung berapa banyak penjualan yang perusahaan lakukan selama periode waktu tersebut.
- Tentukan total penjualan dalam industri bisnis.
- Bagilah total penjualan perusahaan dengan total penjualan industri.
Contohnya, sebuah perusahaan menjual 500 juta dalam nilai produk selama satu tahun fiskal dan industri perusahaan menjual total $100 juta dalam produk yang sama selama tahun fiskal tersebut. Maka, market share perusahaan untuk produk tersebut adalah 50% (500 juta dibagi dengan 1 milyar= 0,50 atau 50%).
Hal Penting Saat Menghitung Market Share Perusahaan
Sekarang, kamu pasti sudah mulai lebih paham mengenai market share. Dan kamu juga sudah tahu bagaimana cara menghitung market share. Namun, sebelum melakukan penghitungan, ada hal penting yang sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan terlebih dahulu. Apa itu?
Menentukan Pasar
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenai pasar atau target market. Dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, kira-kira siapa yang membutuhkan? Tentukan target marketnya berdasaran demografinya. Lalu, kamu akan tahu perkiraan berapa besar volumenya.
Menentukan Periode
Akan menjadi sangat valid hasilnya ketika market share dihitung berdasarkan periodisasi, mungkin kuartal, semester, atau tahunan. Biasanya, perhitungannya berdasarkan tahun. Namun, untuk tahu peningkatan market share yang didapatkan, biasanya dihitung juga berdasarkan semester atau kuartal.
Mengetahui Sales Perusahaan
Ini sebenarnya tidak sulit. Sudah pasti perusahaanmu mencatat semua penjualan, bukan? Dan jumlah penjualan selama periode tertentu tersebut akan dipakai untuk menghitung market share sesuai dengan rumus yang sudah kamu pelajari sebelumnya.
Mengetahui Total Penjualan di Industri
Ini yang sedikit rumit. Kamu harus melakukan riset untuk mengetahui berapa total penjualan di industri di mana perusahaanmu bergerak. Mungkin kamu perlu tenaga riset tersendiri untuk mengetahui hal ini.
Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu sebelum menghitung market share perusahaan. Sudah siap untuk menghitung berapa market share yang didapatkan oleh perusahaanmu?