Apakah Anda memiliki ide berbisnis dalam kehidupan Anda? Atau Anda memang sedang memasuki tahapan tersebut? Atau bahkan Anda sudah menjalaninya, namun sedang tidak memiliki progres dengan hasil riset Anda bahwa alasan produk Anda menjadi kurang laku adalah karena kemasan yang kurang menarik sehingga para calon pembeli pun menjauh.

Disini Kami akan membagikan dengan Anda beberapa desain menarik untuk kemasan UKM yang bisa jadi referensi Anda.. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu hal keruntuhan bisnis Anda berasal dari kemasan tersebut. Karena bila ternyata alasan lain lah yang membuat bisnis Anda stagnan, solusinya pun berbeda-beda.

Bila ternyata benar hasil riset Anda menunjukan indikasi penurunan atau gagalnya produk Anda, dikarenakan kemasan yang sedang Anda gunakan, Kami akan sedikit menginspirasi dalam pembentukan kreativitas dalam kemasan yang akan Anda gunakan.

  1. Simpel Elegan

Kemasan dengan bentuk yang simpel nan sederhana sudah banyak digunakan oleh para perintis bisnis-bisnis kecil. Alasannya sederhana, untuk menekan anggaran untuk pengemasan. Namun perlu Anda perhatikan juga untuk kemasan sederhana ini tidak bisa digunakan untuk semua produk food and beverage Anda. Semisal dengan gambar diatas, bukan hanya makanan saja yang bisa menggunakan plastik saja namun ternyata minuman juga bisa. Dengan begitu, produk Anda pun tidak terlihat murahan namun tidak juga membutuhkan anggaran besar. Penggunaan plastik seperti diatas bisa menjadi inspirasi Anda untuk mengemas produk yang Anda tawarkan. Dengan kemasan sederhana namun elegan, pelanggan pun akan semakin tertarik dan akan menjadi hype baru di kalangan milenial seperti saat ini.

  1. Karena Aman, Bikin Nyaman

Karena Aman, Bikin Nyaman

Dalam berbisnis food and beverage, Anda juga harus memperhatikan keamanan produk Anda sendiri. Bila memang menggunakan bahan plastik untuk produk makanan atau minuman Anda, pastikan pelanggan bisa menikmatinya tanpa harus khawatir kemasan rusak, atau bahkan merusak produk Anda sendiri. Semisal Anda menjual cake-cake untuk acara besar seperti ulang tahun, acara kantor, ataupun pernikahan, jangan gunakan hanya dengan plastik biasa. Namun Anda bisa menggunakan wadah penutup berbahan tebal dan sulit untuk rusak yang akan mengakibatkan produk Anda tersebut menjadi rusak. Atau bila Anda menjual produk-produk snack, pastikan memiliki segel ataupun pengaman yang tetap membuat pelanggan tersenyum saat menikmati produk Anda tersebut. Karena untuk dalam dunia berbisnis, perbedaan dalam produk yang Anda tawarkan sehingga memiliki keunikan tersendiri di pasaran dan menjadi buah bibir di masyarakat. Sehingga, Anda bisa menikmati penyebaran awareness terhadap produk Anda tanpa harus mengeluarkan anggaran kembali.

  1. Makin Eksklusif, Makin Atraktif

Makin Eksklusif, Makin Atraktif

Produk yang memiliki tampilan menarik, menjadi salah satu alasan dalam meningkat atau terjun bebasnya penjualan. Apalagi jika produk tersebut memiliki kemasan yang istimewa sehingga menarik perhatian calon pelanggan yang awalnya tidak tertarik, berubah menjadi pembeli hingga menjadi pelanggan tetap. Contohnya bila Anda melihat produk es krim yang dijual dengan kemasan plastik yang sering Anda temui, dengan es krim yang dijual di mall atau restoran dengan kemasan mangkok karton atau bahan lainnya yang terlihat lebih menawan dan mewah karena akan mendapat image lebih higienis dan strata yang lebih tinggi dibandingkan es krim biasa. Contoh lain, ada penjual yang menjajakan cookies dengan kemasan plastik biasa. Namun penjual lain menjual cookies yang serupa namun dengan kemasan botol jar atau kaleng namun memiliki pasar yang berbeda sehingga harga pun akan memiliki pembeda. Maka dari itu, sebelum Anda menjalankan bisnis Anda, tentukan dahulu pasar yang Anda tuju.

  1. Bahan Plastik Tidak Perlu Resik

Bahan Plastik Tidak Perlu Resik

Apabila Anda memilih produk yang dijual dengan target pasar menengah kebawah, Anda tidak perlu minder atau takut tidak laku karena memilih dengan kemasan berbahan plastik. Namun pastikan kemasan bahan plastik tersebut tidak mengganggu kualitas produk yang Anda jual. Juga Anda harus memperhatikan kemasan bahan plastik tersebut tidak polos dan tidak menarik sehingga bisa membuat penjualan produk Anda tidak meningkat. Gunakan imajinasi dan cermati sekitar Anda sebelum memilih kemasan berbahan plastik yang cocok untuk produk Anda. Anda juga bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan para penggiat bisnis dari daerah. Jangan pernah malu bila Anda berasal dari kota, belajar ke daerah. Karena sering kali, pebisnis dari daerah lebih kreatif dan memiliki imajinasi luas dalam berkembang. Hanya saja, banyak yang akhirnya penggiat bisnis daerah gulung tikar karena kurangnya modal dan fasilitas sehingga sulit untuk berkembang dan bertahan di era yang serba cepat ini. Jangan pernah malu untuk belajar dan membuka wawasan Anda, karena dalam kehidupan bisnis, apabila Anda memiliki ambisi untuk terus belajar, tidak akan pernah tertutup peluang Anda meraih kesuksesan dalam bisnis Anda tersebut.

  1. Bentuk Unik Bikin Menarik

Bentuk Unik Bikin Menarik

Kemasan yang unik juga tidak bisa dihindari adalah kemasan berbentuk unik. Dengan bahan apapun namun dibentuk dengan ciri khas yang unik, mampu meningkatkan penjualan produk Anda. Anda dapat melihat produk Kinder Joy, dengan hanya menjual krim coklat yang bisa dinikmati, dan juga mainan kecil di bagian lainnya saat kemasan dibuka, namun penjualan Kinder Joy terus meningkat terus. Hal tersebut juga berasal dari kemasan yang unik, menyerupai telur sehingga menarik minat beli anak-anak. Tidak melulu dengan bentuk saja, namun bisa juga dengan desain yang berbeda dan pastinya harus menarik, akan berimbas pada meningkatkan penjualan produk Anda.

Kesimpulannya adalah, sebelum Anda memulai bisnis, tentukan target pasar Anda terlebih dahulu, kemudian pilihlah kemasan untuk produk Anda dengan tepat. Dan yang terpenting, cermat dalam membaca situasi :).