Gamis Wanita – Akhir-akhir ini para kaum wanita sangat menyukai jenis pakaian gamis. Hal ini membuat para kaum hawa mulai belajar menjahit baju gamis sendiri supaya bisa berhemat. Sehingga mereka akan melakukan pengambilan ukuran badan dengan benar serta baik untuk dijadikan salah satu bagian yang wajib, untuk memperoleh hasil yang maksimal pada saat kegiatan menjahit tersebut.

Kualitas baju gamis wanita tentunya sangat dipengaruhi pada saat pengukuran baju gamis itu sendiri. Biasanya proses pengukuran untuk pakaian baju gamis wanita akan dikerjakan setelah menentukan atau memilih model yang cocok untuk dipakai. Cara pengerjaannya dimulai dari dengan cara mengukur sejumlah bagian tubuh tertentu yang sangat dibutuhkan, selanjutnya dilanjutkan dengan cara membuat pola baju gamis serta juga pecah pola.

Cara Mengukur Gamis Pada Wanita

Untuk kita yang baru belajar, pasti akan binggung saat membuat baju gamis, Bagian mana saja yang perlu untuk diukur. Supaya mempermudah kita dalam pembuatan baju gamis tersebut. Oleh karna itu Berikut ini akan saya mencoba menjelaskan cara bagian mana wajib untuk diukur. Sebagai bagian dasar pada saat pembuatan pola baju gamis wanita.

  1. Panjang gamis

Pengukuran yang pertama adalah pengukuran panjang gamis. Pada saat pengukuran panjang gamis wanita dilakukan dengan cara mengukur dari bagian atas pundak sampai dengan mata kaki. Dari hasil yang didapatkan maka nilai tersebut merupakan panjang gamis yang akan kita buat.

  1. Lingkar badan

Pada pengukuran lingkar badan akan di lakukan dengan cara mengukur bagian lingkar badan. Bagian yang perlu diukur adalah pada bagian badan di bawah ketiak bagian dada dan bagian perut. Tentunya ketiga ukuran tersebut memiliki nilai yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan tiga bagian yang perlu di ukur untuk mengetahui ukuran lingkar badan.

  1. Lingkar pinggang

Selanjutnya untuk membuat gamis wanita kita juga memerlukan nilai lingkar pinggang. Oleh karena itu kita harus mengukur berapa nilai lingkar pinggang untuk gamis wanita yang kita akan buat. Cara pengukur lingkar pinggang adalah dengan cara mengukur bagian pinggang.

  1. Lebar bahu

Lebar bahu merupakan salah satu proses pengukuran yang harus dilakukan pada saat pembuatan baju gamis wanita. Kita bisa tahu nilai lebar bahu dengan cara mengukur bagian bahu.

  1. Panjang lengan

Pengukuran selanjutnya yang harus anda ketahui adalah nilai panjang lengan untuk baju gamis yang akan kita buat nantinya. Nilai panjang lengan bisa kita dapatkan dengan cara mengukur dari bagian pundak bawah sampai dengan pergelangan.

  1. Lingkar pergelangan tangan

Setelah anda melakukan pengukuran panjang lengan selanjutnya anda harus mengukur lingkar pergelangan tangan. Pengukuran pergelangan tangan dilakukan dengan cara mengukur pada bagian pergelangan tangan.

  1. Lingkar leher

Terakhir yang wajib anda ketahui pada saat membuat baju gamis wanita adalah nilai lingkar leher. Jadi anda harus mengukur berapa nilai lingkar leher tersebut. Pengukuran lingkar leher dilakukan dengan cara mengukur pada bagian leher.

Itulah bagian-bagian ukuran yang wajib anda ketahui bila ingin membuat sebuah gamis wanita. Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara mengukur gamis wanita. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar menjahit terutama bagi anda yang sedang belajar membuat baju gamis wanita. Walaupun semua model gamis wanita memiliki model yang sangat banyak, akan tetapi yang wajib anda ukur Cuma 7 poin diatas saja.