Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang beralamatkan di Bogor jawa barat. IPB adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, maka sangat tidak heran kalau Institut Pertanian Bogor telah mengeluarkan alumni-alumni atau lulusan yang sangat berkualitas. Hal tersebut tentunya sangat tidak lepas dari peran dosen IPB itu sendiri yang memiliki dedikasi yang tinggi. Saat Ini IPB University memiliki dosen aktif sebanyak 1300 orang, yang siap mengabdi dan mengamalkan ilmunya. Supaya semua mahasiswa IPB memiliki kepribadian dan juga karakter yang positif leadership kuat, berjiwa entrepreneur, cerdas dan berintegritas.

Bidang pertanian, kelautan, dan bio sains tropika merupakan salah satu kompetensi yang dikuasai dosen IPB University. Karya-karya ilmiah yang di hasilkan oleh dosen IPB juga sangatlah banyak dan sekarang sudah menjadi referensi dan rujukan. Terutama dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, peternakan, teknologi pangan, gizi masyarakat, pembangunan pedesaan, manajemen, pengembangan sumber daya manusia dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuktikan bahwa dosen IPB University sangat berperan aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Berbagai prestasi yang di dapatkan oleh dosen IPB University baik di dalam negeri atau luar negeri sangatlah banyak. Prestasi tersebut dibuktikan hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen IPB selama sepuluh tahun berturut-turut sejak tahun 2008 selalu mendominasi dalam inovasi dosen yang dikeluarkan oleh Business Innovation Center (BIC)-Kemenristekdikti RI.

Peran dosen IPB juga tidak Cuma di rasakan oleh kalangan mahasiswa IPB saja melainkan bisa di rasakan oleh masyarakat terutama masyarakat desa. Karena dosen IPB seringkali terjun langsung ke lapangan untuk mengatasi atau membantu permasalahan petani, peternak dan nelayan. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat yang di hasilkan oleh dosen-dosen IPB tersebut. Menurut pengajar IPB hal tersebut merupakan salah satu upaya pengabdian mereka kepada masyarakat dan tentunya salah satu cara yang bisa mereka kerjakan untuk membangun negara Indonesia lebih maju lagi terutama di bidang pertanian, peternakan dan kelautan.