Bahaya Nyeri Lambung yang Wajib Diwaspadai Pada Ibu Hamil

  • Whatsapp
Bahaya Nyeri Lambung yang Wajib Diwaspadai Pada Ibu Hamil

Jadi bagi ibu hamil mengalami nyeri lambung adalah suatu hal yang sudah dianggap biasa. Dan kondisi ini biasanya akan terjadi pada usia kehamilan yang sudah memasuki usia pada trimester akhir kehamilan. Biasanya untuk gejala utama yang sering terjadi adalah rasa panas yang ada pada ulu hati atau yang lebih sering dikenal dengan heartburn. Jadi memang untuk masalah nyeri pada lambung apabila terjadi dan dialami oleh ibu hamil dampaknya sungguh sangat berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu, ibu hamil perlu sekali yang namanya tahu tentang gejalanya dan cara mengatasi nyeri pada lambung.

Memang pada umumnya gejala nyeri yang terjadi pada lambung adalah hal yang umum terjadi. Namun demikian bukan berarti penyakit asam lambung yang terjadi pada ibu hamil disepelekan dan tidak mendapatkan perhatian dan penanganan yang cukup. Karena apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat biasa saja akan berdampak pada janin dan ibunya jika memang dibiarkan berlarut-larut dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Jadi jika sudah terjadi nyeri yang muncul pada lambung dan berdampak pada munculnya asam lambung maka bisa menjadi salah satu faktor munculnya berbagai macam penyakit salah satunya seperti Ulkus esophagus.

Ada beberapa gejala nyeri pada lambung atau asam lambung yang biasanya terjadi dan muncul pada ibu hamil. Beberapa gejala tersebut memang biasanya akan sering terjadi jika ibu hamil tidak mendapatkan perhatian yang cukup tentang kesehatannya dan juga banyak faktor lain yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan menyebabkan lambung menjadi nyeri. Berikut ini beberapa gejala nyeri pada lambung yang terjadi pada ibu hamil dan wajib diwaspadai karena cukup berbahaya:

Mual dan muntah darah

Untuk ibu yang tengah mengandung mengalami mual adalah hal yang sangat biasa dan wajar. Terlebih jika usia kandungan masih sangat muda, maka muntah dan mual adalah suatu hal yang sangat wajar karenanya sering dikenal dengan istilah morning sickness. Tetapi untuk ibu hamil yang mengalami gejala mual dan muntah yang sangat hebat dan disertai dengan mulut yang terasa sangat pahit dan tenggorokan yang panas, maka jangan pernah anggap sepele hal ini karena itu sudah pasti merupakan gejala asam lambung yang naik.

Warna feses yang tidak biasa

Jadi perlu diketahui juga jika warna feses yang tidak sesuai dengan biasanya atau mungkin berwarna hitam dan menyerupai warna darah ini adalah hal yang cukup berbahaya bagi ibu hamil. Jadi untuk ibu hamil jika feses berubah warna menjadi gelap dan menyerupai warna darah maka Anda perlu hati-hati dan jangan anggap sepele hal ini karena bisa jadi ini adalah tanda gejala asam lambung naik yang nanti bisa berdampak pada nyeri pada lambung yang semakin sering dan hebat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat sedang hamil untuk atasi asam lambung naik. Salah satunya adalah dengan hindari makanan dan minuman yang bisa menjadi salah satu pemicu asam lambung menjadi naik. Contohnya adalah seperti cokelat, jeruk, tomat, dan makanan yang banyak mengandung lemak serta memiliki rasa yang cukup pedas. Karena bagi seorang ibu hamil menjaga pola makan adalah hal yang cukup penting mengingat ada janin di dalam perut yang perlu mendapat asupan gizi dan vitamin yang cukup. Untuk itu, jika Anda sedang hamil dan sering mengalami nyeri lambung segera konsultasi dengan dokter.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Ulcer and Gastritis. Diakses pada 2020.

Medical News Today. What are gastric and duodenal ulcers?. Diakses pada 2020.

Promag. Cara Atasi Asam Lambung Naik. Diakses pada 2020.

Related posts